Home / BERITA KAMPUS / Dekan FITK Lepas 557 Mahasiswa untuk PPL

Dekan FITK Lepas 557 Mahasiswa untuk PPL

FITK – Sebanyak 557 Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo bakal mengajar 46 sekolah di Kota Semarang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Grobogan. Mereka merupakan mahasiswa yang akan mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Dekan FITK Dr. H. Raharjo, M.Ed., St. dalam sambutannya mengatakan bahwa “ PPL merupakan satu mata kuliah khusus yang wajib diambil mahasiswa untuk terjun langsung mengajar”, upacara pelepasan PPL di laksanakan di Lapangan Dekanat Kampus II, Senin (24/7/2017). Ada enam Program Studi yang diterjunkan mengikuti PPL ini, yaitu PAI, PGMI, MPI, PIAUD PBA dan PBI. Sebelum diterjunkan Mahasiswa telah mengikuti latihan mengajar dengan mata kuliah Micro Teaching serta seminggu sebelumnya mahasiswa tersebut telah mendapatkan Pembekalan PPL.

Raharjo berpesan agar mahasiswa menjaga nama baik almamater dan siap mengahadapi tantangan  di lapangan. Ia juga mengingatkan bahwa tantangan masa masa depan begitu kompleks. “Maka dari itu, seluruh peserta PPL harus dibekali dalam mempersiapkan tantangan di depan mata, khususnya tantangan yang akan dihadapi pada pelaksanakan PPL” tegasnya.

Dengan adanya PPL semacam ini, lanjut Raharjo, penting untuk ketrampilan profesional mahasiswa. Bentuk profesionalitas itu dapat diwujudkan dengan cara mencintai pekerjaan yang sedang ditekuni, tidak hanya asal kerja akan tetapi menjadi passion. Selain itu ditunjang dengan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor.

“Calon guru jangan hanya melakukan transfer ilmu saja, akan tetapi ada transformasi sikap dan pengetahuan peserta didik dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan,” kata Raharjo.

Turut hadir dalam upacara Penglepasan PPL ini diantaranya, Jajaran pimpinan FITK, Kajur dan Sekjur, Kaprodi, dan Sekprodi, serta Para Dosen pembmbing Lapangan (DPL) yang nantinya akan membimbing dan mengarahkan mahasiswa PPL selama kegiatan tersebut.upcara ppl-min

About

Check Also

Beasiswa S2 Calon Pengawas Madrasah

Lembar Pernyataan dan Lembar Pendaftaran Download disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *