Home / Pendidikan Guru Raudlatul Athfal / WORKSHOP PENGEMBANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KAB. DEMAK

WORKSHOP PENGEMBANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KAB. DEMAK

WORKSHOP PENGEMBANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PAUD DAN TK- BIDANG PAIS KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWATENGAH AGUSTUS 2014 DI KAB. DEMAK

PESERTA WORKSHOP SELURUH KEPALA PAUD DAN TK SEJAWA TENGAN, PENGURUS FORUM KERJA GURU PAI TK DAN PARA GURU PAI DI TK

OLEH : MURSID, M.Ag KAJUR PGRA FITK UIN WALISONGO SEMARANG

 

PENGERTIAN PAUD?

Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada Anak Sejak Lahir Sampai Dengan Usia Enam Tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. (UU No. 20 Th 2003 Ttg Sisdiknas).

MANAJEMEN?

Menurut para ahli, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, aktualisasi, dan pengawasan kegiatan/ usaha secara sistematik dan efektif oleh para anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Secara sederhana, Manajemen merupakan suatu proses tindakan atau seni perencanaan, mengatur, pengarahan dan pengawasan yang dinamis yang menggerakan organisasi mencapai tujuannya

4 FUNGSI MANAJEMEN SECARA UMUM ?

Secara umum, ada empat fungsi manajemen yang sering orang menyebutnya “POAC”, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.

Dua fungsi yang pertama (Planning, Organizing) dikategorikan sebagai kegiatan mental sedangkan dua berikutnya (Actuating, dan Controlling )dikategorikan sebagai kegiatan fisik.

KEBERHASILAN MANAJEMEN?

Suatu manajemen bisa dikatakan berhasil jika keempat fungsi di atas bisa dijalankan dengan baik.

Kelemahan pada salah satu fungsi manajemen akan mempengaruhi manajemen secara keseluruhan dan mengakibatkan tidak tercapainya proses yang efektif dan efisien.

 

DALIL PERENCANAAN,KEGIATAN TANDA ADA PERENCANAAN SAMA ARTINYA DENGAN MERENCANAKAN KEGAGALAN

  • وأعدوا لهم ما استطعتم من قوة ومن رباط الخيل ترهبون به عدو الله وعدوكم وآخرين من دونهم لا تعلمونهم الله يعلمهم وما تنفقوا من شيء في سبيل الله يوف إليكم وأنتم لا تظلمون

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)”. (Al Anfaal ayat 60).

PALNNING?

  • Planning adalah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
  • Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan antara lain:
    1. Menetapkan pasar sasaran (tujuan).
    2. Merumuskan strategi untuk mencapai pasar sasaran
    3. Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.
    4. Menetapkan standar / indikator keberhasilan dalam
    5. pencapaian tujuan dan pasar sasaran.

KEGIATAN DALAM FUNGSI PENGORGANISASIAN?

Mengalokasikan sumber daya / sarana, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperluka

Adanya struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab, sehingga setiap pekerja akan bergerak dan bertindak sesuai dengan job description dan kewenangannya dan memiliki tanggung jawab dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang telah dilaksanakan.

Kegiatan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja, hal ini sangatlah penting agar dapat menyegarkan dan menambah wawasan pekerja.

Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat atau dengan kata lain strategi yang telah ditetapkan harus dilaksanakan oleh pekerja yang dinilai mampu dan layak dan memiliki pengetahuan yang cukup di bidangnya.

DALIL ACTUATING ?

  • وقل اعملوا فسيرى الله عملكم ورسوله والمؤمنون وستردون إلى عالم الغيب والشهادة فينبئكم بما كنتم تعملون

“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (At Taubah 105).

ACTUATING ? Adalah proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
KEGIATAN DALAM FUNGSI PENGARAHAN DAN IMPLEMENTASI ?

Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.

Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan dan menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

DALIL CONTROLING (Al Qaaf 16-18).

  • ولقد خلقنا الإنسان ونعلم ما توسوس به نفسه ونحن أقرب إليه من حبل الوريد

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya,

  • إذ يتلقى المتلقيان عن اليمين وعن الشمال قعيد

(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.

  • ما يلفظ من قول إلا لديه رقيب عتيد

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.”
FUNGSI PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN (CONTROLING)

Adalah proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

KEGIATAN DALAM FUNGSI PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN ?

Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Hal ini harus secara rutin dilakukan supaya terlihat pada point mana target yang telah tercapai dan target yang belum tercapai sehingga dapat diambil langkah penyelesaian.

Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan. Langkah ini harus selalu dilakukan agar setiap kesalahan yang ada dapat segera diperbaiki.

Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisni.

PARA PENDIDIK HARUS MEMAHAMI PERMENDIKNAS RI NOMOR 58 TAHUN 2009 TENTANG
STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI YAITU Pasal 1

YANG meliputi pendidikan formal dan nonformal yang terdiri atas :

  1. Standar Tingkat Pencapaian perkembangan;
  2. Standar pendidik dan Tenaga kependidikan;
  3. Standar Isi, Proses, dan Penilaian;
  4. StandarSARana dan PRASarana, Pengelolaan, dan Pembiayaan.

About

Check Also

Pngumuman Ujian Komprehensif dan Munaqosyah

[gview file=”http://fitk.walisongo.ac.id/wp-content/uploads/2015/10/pengumuman-kompre-dan-munaqosyah-new1.pdf”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *