UIN Walisongo Online; Semarang- Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan olahraga pagi dan kerja bhakti membersihkan lingkungan kampus, Jum’at (1/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program kerja UIN Walisongo Semarang menuju “Green Campus” yang digagas oleh Rektor UIN Walisongo Semarang.

Para Dosen dan Tendik FITK gelar bersih-bersih lingkungan

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang terdiri dari, para Pimpinan, Dosen, Tenaga kependidikan hingga mahasiswa Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan. Sebelum rangkaian kegiatan dimulai, dilaksanakan apel terlebih dahulu di halaman kantor FITK UIN Walisongo Semarang. Hadir sebagai pimpinan apel adalah Wakil Rektor 1, Dr.H. M. Mukhsin Jamil M.Ag. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa konsep Green Campus yang akan diimplementasikan adalah bagian dari kontribusi UIN Walisongo dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).
“Smart dan Green adalah wajah kedepan UIN Walisongo Semarang, maka ini perlu partisipasi aktif dari semua elemen di UIN Walisongo Semarang” tutur Wakil Rektor 1 dalam sambutannya.

Dekan FITK UIN Walisongo Semarang, Dr. Hj. Lift Anis Ma’shumah, M.Ag menambahkan bahwa Fakultas Ilmu tarbiyah dan keguruan siap berpartisipasi penuh dalam mewujudkan smart dan green campus di UIN Walisongo Semarang.

Ketua Tim Green Campus UIN Walisongo Semarang sekaligus Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M. Ag. menjelaskan “UIN Walisongo Semarang selain memiliki wawasan green campus harus berwawasan smart, jadi jika digabungkan menjadi smart and green campus Walisongo”. Smart and Green Campus Walisongo harus dijabarkan dan diimplementasikan dalam 6 kriteria UIN Green Metric yaitu: 1. Penataan dan Infrastruktur, 2 Energi dan Perubahan Iklim, 3. Pengelolaan Limbah, 4. Pengelolaan Air, 5. Transportasi dan 6 Pendidikan dan Penelitian. Guna mencapai kriteria tersebut, maka dibutuhkan kontribusi aktif dari seluruh civitas akademika UIN Walisongo Semarang.

Seusai olahraga senam, kegiatan dilanjutkan dengan kerja bhakti membersihkan lingkungan kampus. Peserta dibagi menjadi beberapa tim untuk ditempatkan di titik-titik lingkungan FITK. Mereka membersihkan sampah, menyiram tanaman, dan menata infrastruktur yang ada di lingkungan FITK. Kegiatan ini ditutup dengan acara makan bersama. Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan untuk hari-hari jum’at yang akan datang.