HMJ PGMI FITK UIN Walisongo Gelar Pelatihan Desain Media Pembelajaran

Semarang – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) telah mengadakan Pelatihan Desain Media Pembelajaran pada tanggal 30 September 2020 di Hotel Candi Indah Semarang. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Pekan Raya PGMI ke-13.

Acara dibuka oleh Dr. H. Muslih M.A selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang, didampingi oleh Ketua Jurusan PGMI Zulaikhah M.Ag, M.Pd. Acara ini diikuti oleh mahasiswa PGMI FITK UIN Walisongo Semarang dan perwakilan dari anggota HMJ PGMI IAIN Pekalongan, HMJ PGMI IAIN Salatiga, HMJ PGMI IAIN Kudus dan HMJ PGMI UNWAHAS.

Dalam sambutannya Wakil Dekan III menekankan pentingnya mahasiswa menguasai teknologi pembelajaran terutama yang berkaitan dengan desain media pembelajaran. Apalagi di era pandemi covid-19 sekarang ini dimana pembelajaran harus dilakukan secara online atau daring, maka setiap insan pendidikan harus memiliki keterampilan mempersiapkan dan melakukan pembelajaran secara online, termasuk mahasiswa yang nanti akan menjadi guru dan terjun di tengah masyarakat. Maka Ia juga dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.  Wakil Dekan III juga sempat menyinggung, pelatihan ini terpaksa harus dialihkan pelaksanaannya di hotel karena kebijakan Pimpinan belum mengizinkan pelaksanaan kegiatan mahasiswa di kampus. Dipilihnya hotel sebagai tempat kegiatan untuk menjamin kesehatan mahasiswa karena pihak hotel menerapkan protokol kesehatan secara baik. Selanjutnya Wakil Dekan III juga berpesan agar peserta pelatihan mengikuti kegiatan ini secara serius dan sungguh-sungguh dari awal sampai akhir karena akan meningkatkan kompetensi dan kapabilitas mahasiswa di bidang media pembelajaran.

 

Sementara itu, Ketua jurusan PGMI menyampaikan bahwa kegiatan ini berbeda dari biasanya, karena biasanya diselenggarakan hanya di kelas, atau di bawah pohon jati. Beliau berpesan agar mengikuti acara dengan baik sehingga ilmu yang didapatkan bisa diterapkan di masa yang akan datang.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Rian Rifqi Ariyanto, S.Pd. dalam paparannya beliau menyampaikan materi tentang media pembelajaran menggunakan aplikasi video flimora dilanjutkan dengan berkelompok membuat video pembelajaran sesuai yang dijelaskan oleh narasumber.