Foto Bersama Peserta dan Narasumber Workshop Pengelolaan PPG FITK UIN Walisongo

Senin, 29 Maret 2021 bertempat di Aula lt. 3 Kantor FITK UIN Walisongo Semarang, diselenggarakan workshop pengelolaan Prodi PPG oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang. Sebagaimana hasil dari asesmen lapangan secara daring oleh BAN PT pada akhir 2020 kemarin, FITK UIN Walisongo termasuk salah satu dari 23 PTKIN yang  telah menerima SK izin Prodi PPG dengan KMA Nomor 26 Tahun 2021 tentang Izin Penyelenggaraan Prodi PPG untuk Program Profesi. Oleh karena itu, sebagai tindaklanjut maka perlu dilaksanakan workshop pengelolaan prodi PPG. Acara ini dibuka secara langsung oleh Dekan FITK UIN Walisongo Semarang, Dr. Hj. Lift Anis Ma’shumah, M.Ag. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Peserta dalam workshop ini terdiri dari para pimpinan dan perwakilan dosen-dosen senior. Selain peserta dari dalam, panitia juga mengundang peserta dari luar UIN Walisongo yang berasal dari UNNES, UPGRIS, IAIN Salatiga, IAIN Pekalongan, IAIN Surakarta, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kehadiran peserta dari luar terutama UNNES dan UPGRIS ini bertujuan untuk sharing pengalaman antar LPTK lain yang sudah menyelenggarakan PPG berbasis pada Prodi.

Dekan FITK UIN Walisongo Semarang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop Pengelolaan Prodi PPG yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada pengelola prodi PPG agar mendapatkan informasi terkait tata kelola PPG berbasis Prodi. Kegiatan ini merupakan langkah awal yang dilaksanakan oleh FITK untuk mempersiapkan pengelolaan prodi PPG, baik dari segi sumber daya manusia maupun dari segi teknis pengelolaan.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Dr, Agus Yuwono, M.Si., M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang dan Dr. H. Abdul Rozak, M.Si dari Insan Madani Jakarta, yang juga sebagai anggota Tim Pokja PPG Kemendikbud. Kegiatan workshop ini diawali dengan pemaparan dari pemateri yang pertama yaitu Dr. AGus Yuwono M.Si. dalam paparannya, beliau menyampaikan kaitannya dengan pedoman penyelenggaraan PPG, dasar Hukum PPG, serta kurikulum PPG tahun 2021. Setelah pemaparan selesai dilanjut dengan diskusi dan tanya jawab antar peserta dan narasumber.

Setelah sesi pemaparan materi pertama selesai dilanjutkan dengan pemaparan meteri kedua yang disampikan oleh Dr. H. Abdul Rozak, M.Si. dalam paparannya, beliau menyampikan materi dengan tema Pengelolaan Prodi Pendidikan Profesi Guru dalam rangka upaya membangun guru professional untuk generasi Z dan Alpha di era revolusi pendidikan 4.0 dan society 5.0. setelah pemaparan materi selesai, dilanjut dengan diskusi dan tanya jawab antar peserta dan narasumber.

Pembukaan Wokshop Pengelolaan PPG FITK UIN Walisongo