Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan pelatihan manajemen untuk international publishing. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 April 2021, pukul 08.00-16.30 WIB. Bertempat di ruang rapat lt. 4 gedung rektorat baru kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Kegiatan ini diikuti oleh dosen-dosen muda yang menjadi representatif masing-masing fakultas untuk membantu dosen-dosen senior dalam publikasi internasional serta perwakilan dari LP2M UIN Walisongo Semarang. kegiatan dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Walisongo Semarang. Turut diundang dalam pembukaan kegiatan ini para pimpinan di lingkungan UIN Walisongo Semarang, yang terdiri dari para Wakil Rektor, para Dekan, para Kepala BIRO dan Ketua Lembaga. Pelatihan manajemen internasional publishing ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan para Dosen senior ke IA Scholar Foundation pimpinan Prof. Dr. Irwan Abdullah dalam rangka pelatihan penulisan artikel jurnal internasional. para dosen yang dikirim merupakan dosen-dosen yang berpangkat lektor kepala dan sedang menuju pengajuan guru besar. Hasil dari pelatihan tersebut para dosen senior telah menghasilkan artikel ilmiah yang siap dipublikasikan.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Dr. Lift Anis Ma’shumah, M.Ag. dalam sambutannya menyampikan bahwa kegiatan pelatihan manajemen untuk internasional publishing dilaksanakan dalam rangka mendukung misi Rektor dalam percepatan Profesor di UIN Walisongo Semarang.

“untuk mewujudkan hal tersebut perlu dibentuk team teknis international publishing di masing-masing Fakultas dan pembekalan teknis yang akan membantu submit artikel-artikel para dosen ke jurnal terindeks scopus” tutur Dekan FITK.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. dalam sambutan pembukaan Rektor menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan untuk membekali para tim teknis dalam mensubmit artikel ke jurnal-jurnal internasional bereputasi.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Irwan Abdullah, Ph.D. Guru Besar FIB Universitas Gadjah Mada dan Tim IA Scholar Foundation Yogyakarta. Penyampaian materi dimulai dari penjelasan teori tentang manajemen publikasi internasional dari Prof. Dr. Irwan Abdullah dan tim IA Scholar dari pukul 08.00-12.00 WIB. Setelah istirahat hingga pukul 16.30, materi dilanjutkan dengan praktik submit artikel ke beberapa jurnal internasional. Sebagai penuutup dalam kegiatan ini, Prof. Dr. Irwan Abdullah memberikan motivasi kepada peserta untuk selalu memberikan dedikasi yang terbaik untuk kemajuan lembaga. (rfq)