Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang dihelat selama empat hari, Selasa sampai Rabu (2–5 Agustus 2022).

 

FITK sendiri pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022 menerima sejumlah 1.056 mahasiswa. Dengan rincian Prodi Manajemen Pendidikan Islam 164 mahasiswa; Prodi Pendidikan Agama Islam 249 mahasiswa; Prodi Pendidikan Bahasa Arab 186 mahasiswa; Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 185 mahasiswa; Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 164 mahasiswa; serta Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini 108 mahasiswa.

 

PBAK FITK 2022 kali ini merupakan momentum untuk menerapkan 100% pembelajaran luar jaringan (Luring) setelah dua tahun pembelajaran Daring dan hybrid. Karenanya mahasiswa diajak ke kelas-kelas yang nantinya akan digunakan perkuliahan, terutama gedung perkuliahan di kampus II yakni Gedung N, Gedung D, Gedung K, serta Lab. Jurusan. Untuk gedung IsDB FITK di kampus III tidak digunakan sementara guna efektivitas pengondisian massa.

 

“Sebagaimana kita tahu bahwa pembelajaran Daring lebih efisien secara jarak dan waktu, tetapi pembelajaran Daring juga memiliki sisi negatif. Seperti kondisi jaringan internet dan ketersampaian materi perkuliahan yang kurang. Karenanya PBAK saat ini kita prioritaskan agar mahasiswa mengenali lingkungan, akademik, kemahasisswaan, serta etika kehidupan di kampus.” Kata Prof. Dr. Muslih, M.A., selaku Wakil Dekan 3 FITK sekaligus Ketua PBAK Universitas.

 

Di samping itu, PBAK 2022 menjadi spesial karena mengusung konsep Green Campus atau Kampus Hijau. Konsep Kampus Hijau kali ini tidak saja diimplementasikan menjadi bebas sampah plastik, yang mana mahasiswa baru diimbau membawa botol minum sendiri. Lebih dari itu, implementasi Kampus Hijau pada PBAK 2022 ini mewajibkan seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa agar tidak membawa kendaraan ke lingkungan kampus II dan kampus III.

 

“Semua kendaraan di parkir di kampus I, kita jalan kaki ke sini, juga kita sediakan juga mobil kelinci untuk mobilitas. Kecuali kendaraan panitia, itu pun kita batasi setiap fakultas hanya lima kendaraan untuk operasional. Gagasan seperti ini bagus, saya dulu kuliah tuju tahun di Eropa ya seperti ini, meminimalisir polusi. Semoga nantinya setiap bulan ada car free day seperti ini.” Imbuh Prof. Muslih.

 

Kegiatan PBAK 2022 diisi dengan penyampaian materi oleh pimpinan rektorat, pimpinan dekanat, serta jurusan. Terdapat pula kegiatan orasi kemahasiswaan, kreatifitas mahasiswa, parade budaya, serta UKM Expo. Adapun puncak kegiatan akan dihelat pada hari terakhir dengan kegiatan orasi ilmiah oleh Habiburrahman El Shirazy.