FITK

Profil Laboratorium Pendidikan FITK

A. VISI, MISI, DAN TUJUAN

1. VISI

Laboratorium Riset Terdepan Bidang Pendidikan Berbasis Kesatuan Ilmu untuk Kemanusiaan dan Peradaban Tahun 2038

2. MISI

  1. Menyelenggarakan layanan laboratorium bidang pendidikan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berakhlak mulia.
  2. Menyelenggarakan layanan untuk meningkatkan kualitas riset bidang ilmu tarbiyah dan keguruan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk kepentingan Islam, Ilmu, dan Masyarakat.
  3. Menyelenggarakan layanan untuk meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat bidang ilmu tarbiyah dan keguruan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan.
  4. Menyelenggarakan layanan untuk mengeksplorasi dan mengontekstualisasi nilai-nilai kearifan lokal berbasis kesatuan ilmu pengetahuan bidang ilmu tarbiyah dan keguruan.
  5. Menyelenggarakan kerjasama laboratorium pendidikan bidang keguruan dengan berbagai lembaga regional, nasional, dan internasional.
  6. Menyelenggarakan tatakelola kelembagaan laboratorium pendidikan dan keguruan yang profesional dan berstandar internasional.

3. TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan bidang ilmu tarbiyah dan keguruan yang berwawasan kesatuan ilmu, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Terwujudnya riset berkualitas berbasis kesatuan ilmu bidang ilmu tarbiyah dan keguruan.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas bidang ilmu tarbiyah dan keguruan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan.
  4. Terwujudnya nilai-nilai kearifan lokal yang kontekstual berbasis kesatuan ilmu pengetahuan bidang ilmu tarbiyah dan keguruan
  5. Terwujudnya kerjasama yang produktif dengan lembaga lokal, nasional, dan internasional dalam bidang ilmu tarbiyah dan keguruan
  6. Terwujudnya tata kelola laboratorium yang profesional dan berstandar internasional.

B. SEJARAH BERDIRINYA LABORATORIUM PENDIDIKAN FITK

Laboratorium pendidikan Fakultas Tarbiyah didirikan pada akhir tahun 2002. Pendirian laboratorium pendidikan FITK ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan adanya laboratorium pendidikan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Tarbiyah baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Pada saat itu ada tiga jurusan yang dimiliki Fakultas Tarbiyah, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Kependidikan Islam (KI). Keberadaan laboratorium pendidikan diharapkam mampu meningkatkan kompetensi dalam praktik pembelajaran.

Pada awal tahun 2002, mulai dibahas tentang pengajuan pendirian laboratorium pendidikan oleh Bapak Ismail dan Bapak Nurul Huda dengan pimpinan fakultas, yang saat itu dipimpin oleh Bapak Mustaqim. Dari pembahasan tersebut, kebutuhan yang paling mendesak adalah pendirian laboratorium pendidikan. Dibentuklan tim kecil untuk merealisasikan rencana tersebut. Tim terdiri dari Bapak Ismail, Bapak Nurul Huda, Ibu Muntholiah dan Bapak Taufiqurrrahman. Tim diminta untuk membuat proposal untuk pengadaan gedung laboratorium micro teaching. Sebelum proposal dibuat, diawali dengan studi banding ke IKIP Negeri Semarang dan UNS Surakarta. Tim menyusun proposal dilengkapi dengan anggaran. Setelah proposal jadi, tim ditugaskan oleh Dekan (Bapak Mustaqim), untuk mengajukan proposal tersebut ke Diktis. Proposal disetujui oleh direktur diktis, yang waktu itu dijabat oleh Dr. Komarudin Hidayat. Gedung laboratorium pendidikanFakultas Tarbiyah dianggarkan akhir tahun 2002.

Laboratorium pendidikan yang dibangun terdiri dari 2 lantai. Lantai 2 terdiri dari ruang pertemuan atau diskusi, ruang pengamatan/ observer dan ruang praktikum. Lantai 1 didesain untuk laboratorium MIPA (matematika dan IPA) yang mulai digunakan pada tahun 2004. Pada tahun pertama laboratorium pendidikanFakultas Tarbiyah diisi dengan peralatan praktik sebelum PPL, menfasilitasi mata kuliah pendidikan4 sks.

Laboratorium pendidikanFakultas Tarbiyah memiliki sarana dan prasaran terlengkap pada masa itu, dan dijadikan sebagai tempat untuk studi banding beberapa perguruan tinggi seperti IKIP Negeri Semarang, IKIP PGRI Semarng, dll. Keberadaannya sangat membantu mengembangkan kompetensi mahasiswa sebelum PPL karena dalam mata kuliah pendidikanada kritik teman sejawat, melihat rekaman sendiri ketika mengajar untuk memperbaiki diri sehingga penampilan mahasiswa ketika PPL menjadi lebih percaya diri.

Saat ini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tidak saja memiliki Laboratorium Pendidikan Fakultas, tetapi setiap program studi di FITK yang saat ini memiliki 6 program studi juga memiliki laboratorium sendiri, yaitu Laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI), Laboratorium Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Laboratorium Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Laboratorium Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Laboratorium Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD).

C. STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM PENDIDIKAN FITK

D. PENGELOLA LABORATORIUM PENDIDIKAN FITK

1. Periode 1 (2002)

2. Periode 2

3. Periode 3

4. Periode 4

5. Periode 5 (2015 sd 2019)

6. Periode 6 (2019)

7. Periode 7 (2020 sd 2023)

E. SARANA DAN PRASARANA

Saat ini laboratorium pendidikan FITK memiliki 3 ruang praktik untuk micro teaching (2 ruang di Kampus 2 dan 2 ruang di kampus 3). Masing-masing (di kampus 2 dan 3) dilengkapi dengan peralatan shooting.

         

Exit mobile version