Selasa-Rabu (21-22/01/2019) – Pimpinan FITK mengikuti Rapat Kerja (RAKER) yang diselenggarakan oleh UIN Walisongo di Hotel Larasasri Salatiga. Peserta Rapat Kerja ini adalah pejabat struktural di tingkat Universitas hingga di tingkat Program Studi. Seperti: Dekan, Wakil Dekan, Kepala Bagian (KABAG), Kepala Sub Bagian (KASUBBAG), dan Ketua Program Studi.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Walisongo menyampaikan beberapa ide penting untuk meningkatkan mutu akademik UIN Walisongo, diantaranya: alternatif tugas akhir mahasiswa pengganti skripsi. “Bentuk tugas akhir mahasiswa tidak harus skripsi tetapi bisa berupa karya-karya monumental” (tuturnya). Hal lain yang didorong adalah para dosen harus bisa menerapkan blended learning (Pembelajaran campuran online dan offline).

Disamping itu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pendanaan Pembangunan BAPPENAS, IbuTeni widuriyanti, juga turut hadir dan memberikan pengarahan. Menurutnya, “Sektor pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan Sumber Daya Manusia yang tangguh, memiliki daya saing dan inovatif. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi harus memiliki rencana yang terintegrasi dengan stakeholder untuk mengembangkan inovasi, riset dan lainnya.

Dalam agenda Raker ini, Dekan FITK, Dr. Hj. Lift Anis Ma’shumah, M.Ag. bersama dengan para dekan yang lain telah menandatangani Kontrak Kerja Fakultas tahun 2020. Kontrak kerja tersebut menggambarkan target kinerja Dekan bersama para wakil dekan, jurusan, kabag dan kasubag selama setahun.

Disamping itu, Peserta Raker juga didorong untuk membahas/ menajamkan tentang Kontrak Kerja Tahun 2020 dan menyiapkan program kerja tahun 2021. Oleh karena itu, peserta Raker telah dibekali materi “strategi pendanaan dalam pengembangan Perguruan Tinggi” agar mereka semakin terampil dalam pengembangan kelembagaan dan program-program UIN walisongo ke depan.