Breaking News
Home / BERITA KAMPUS / Kembangkan Pendidikan, Pemkab Temanggung Gandeng UIN Walisongo
Kembangkan Pendidikan, Pemkab Temanggung Gandeng UIN Walisongo

Kembangkan Pendidikan, Pemkab Temanggung Gandeng UIN Walisongo

SEMARANG – Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Bupati Temanggung, Bambang Sukarno dengan Rektor UIN Walisongo, Prof Dr Muhibin Nur MAg di Ruang Gajah Kantor Bupati Temanggung , Selasa (17/3).

Muhibin mengatakan tindak lanjut dari kerja sama ini dalam waktu dekat sebanyak 948 mahasiswa UIN Walisongo akan melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di enam kecamatan Kabupaten Temanggung.

“Melalui KKN nanti ada laporan, barangkali ada yang potensial untuk dikembangkan dari sisi ekonomi maupun pendidikan,” katanya.

Ia menuturkan KKN berbasis masjid untuk menghidupkan kembali perpustakaan masjid, selain itu pemberdayaan masyarakat berbasis masjid.

“Pada zaman nabi dulu segala bentuk kegiatan seperti ekonomi, politik dan beberapa kegiatan lainnya bermuara dari masjid, dari sini kami akan coba kembali memberdayakan masjid,” katanya.

Melalui program tersebut, katanya, masjid tidak hanya difungsikan sebagai tempat untuk ibadah saja, tetapi juga bisa difungsikan untuk kegiatan pendidikan, antara lain menghidupkan kembali perpustakaan masjid agar generasi penerus bisa lebih cerdas dan berwawasan luas.

Ia mengatakan, sumber daya yang dimiliki UIN Walisongo berkecimpung di bidang sosial maka pihaknya lebih mengedepankan kegiatan sosial di masyarakat, misalnya untuk memetakan berbagai hal yang ada di masyarakat sehingga laporannya berguna bagi Pemkab Temanggung.

Ia menuturkan kerja sama ke depan juga menjangkau pada masyarakat Temanggung yang akan melanjutkan pendidikannya di UIN Walisongo, terutama dari keluarga tidak mampu tetapi berprestasi.

Ia menyebutkan saat ini terdapat 72 mahasiswa asal Temanggung yang menimba ilmu di UIN Walisongo. Ke depan dengan adanya kerja sama ini diharapkan jumlah mahasiswa yang melanjutkan pendidikan ke UIN Walisongo semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*