Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Walisongo menggelar Guest Lecturer dengan tema “Islamic Studies & Arabic Language in The Contemporary South East Asia” pada Selasa (07/02).  Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Gedung ICT Lantai 4 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang yang diikuti oleh Dosen, mahasiswa kelas internasional, dan perwakilan lembaga di lingkup FITK.

Prof. Dr. H. Maimun Aqsha Lubis, Ph.D, Ph.D.Ed., selaku Guru Besar Fakultas Pendidikan Universitas Kebangsaan Malaysia turut hadir sebagai narasumber. Beliau memaparkan Pendidikan Islam dan Bahasa Arab di Asia Tenggara yanh sudah berkembang pesat. Bahkan, kemajuan bangsa Eropa sebenarnya mengambil dari ilmu-ilmu yang dimiliki umat Islam sejak abad pertengahan.

Pendidikan Islam saat ini sudah berkembang pesat dengan menggunakan pendekatan digital. Terlebih di era Society 5.0 muncul teknologi robotik yang bisa menggantikan peran manusia.

“Peran manusia di era Society 5.0 sudah tergantikan oleh Robot pintar atau smart robotics. Robot bisa membantu mengajarkan manusia mengenai bahasa.” Imbuhnya.

Setelah pemaparan materi, di bagian akhir kegiatan juga dibuka sesi tanya jawab.

Helmi Labib, salah satu mahasiswa ICP Jurusan PAI menanyakan terkait cara meningkatkan skill berbahasa asing.

“Cara meningkatkan skill berbahasa itu dengan memilih lingkungan yang support dan menjadikan bahasa asing sebagai sehari-hari,” jawab Prof. Maimun.

Reporter: Nurul Laely Mahmudah