Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo senantiasa berupaya meningkatkan kualitas dan inovasi pegawai. Upaya ini diwujudkan melalui Pelatihan Peningkatan SDM yang Berkualitas dan Berinovasi yang diselenggarakan di University Hotel, Yogyakarta selama 2 hari (13—14/11/2022).

Untuk maksud tersebut, FITK UIN Walisngo menggandeng Pusat Studi Manajemen Perguruan Tinggi (PSMPT) UIN Sunan Kalijaga, guna menghadirkan trainer yang berkompeten dan berpengalaman. Mereka adalah akademisi sekaligus pelatih yang telah memiliki jam terbang di bidangnya: Dr. Jarot Wahyudi, S.H., M.A., Ruspita Rani Pertiwi, M.M., Ph.D., Muhammad Jafar Luthfi, M.Si., Ph.D., Dr. Ibrahim, M.Si., Dr. Sri Rohyanti Zulaekha, M.Si. dan lainnya.

Kepala Bagian TU FITK, Siti Khotimah, dalam sambutannya mengungkapkan tujuan penyelenggaraan pelatihan ini yakni meningkatkan etos kerja, kompetensi, keterampilan, dan profesionalisme pegawai. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua, kegiatan yang sama telah digelar pada Juli 2022, tetapi dengan peserta yang berbeda.

“Hal ini juga upaya panjang untuk mewujudkan visi misi FITK, terutama pada poin tata kelola kelembagaan yang berstandar internasional. Karenanya etos kerja, kompetensi, keterampilan, dan profesionalisme pegawai perlu ditingkatkan di antaranya melalui pelatihan ini.”

Selama masa pelatihan para peserta memperoleh banyak materi. Di antaranya: Strategi pengembangan SDM Berkualitas, SDM Kreatif untuk Pengembangan Fakultas, SDM Inovatif untuk Pengembangan Fakultas, SDM Berkualitas untuk Pengembangan Fakultas, serta Rencana Aksi pada Level Fakultas.